Jumat, 28 April 2017

21 Permainan Tradisional Anak Indonesia dan Cara Bermainnya

UPDATED AT : NOVEMBER 07, 2016 
21 Permainan Tradisional Anak Indonesia dan Cara Bermainnya - Masa kanak-kanak merupakan masa paling menyenangkan dalam hidup. Pada masa-masa ini mereka akan banyak menghabiskan waktunya untuk bermain dan belajar tentang lingkungan dan apa yang ada di sekitarnya.

Meskipun di tuntut untuk banyak belajar, namun tak sepenuhnya ilmu yang harus di pelajari di dapatkan dari pendidikan formal. Melalui bersosialisasi dengan teman sebaya dan memainkan permainan bersama itupun sudah menjadi satu pelajaran penting untuk anak-anak.

Namun sayangnya saat ini kebanyakan anak-anak justru memilih untuk berdiam diri di rumah dan hanya bermain game di gadget mereka. Hal ini membuat permainan tradisional di lupakan dan tidak di mainkan lagi.

Padahal, sebenarnya macam-macam permainan anak-anak Indonesia yang sudah jarang di temui ini justru membawa dampak yang lebih baik bagi perkembangan anak, baik untuk perkembangan kreatifitas anak maupun perkembangan jiwa sosialnya.

Ragam permainan anak-anak Indonesia yang sudah jarang di temui sendiri jumlahnya begitu banyak.

Berikut ini beberapa contoh macam-macam permainan tradisional anak-anak Indonesia yang sudah jarang di temui :

Permainan Tradisional Anak Indonesia dan Cara Bermainnya


1. Permainan Tradisional Petak umpet

Permainan Tradisional Petak umpet
pakguruolahraga.blogspot.co.id
Petak umpet merupakan salah permianan tradisional anak-anak yang mengharuskan anak-anak bergerak aktif, sehingga akan sangat membantu untuk kesehatan anak.

Permainan dulunya banyak di mainkan karena cara bermainnya yang menyenangkan dan seru. Untuk bermain petak umpet beberapa anak harus berkumpul dan melakukan perundingan untuk menentukan siapa yang akan berjaga dan yang lainnya bersembunyi menunggu di temukan anak yang berjaga tadi.
Biasanya anak yang berjaga akan menghitung sampai hitungan yang telah di tentukan (misalnya satu sampai seratus), sedangkan yang lainnya mencari tempat untuk bersembunyi. Setelah hitungannya selesai, anak yang berjaga akan mencari satu persatu anak yang bersembunyi. Dan anak yang pertama kali di temukan maka akan bergantian berjaga pada permainan selanjutnya.

2. Permainan Tradisional Layangan

Permainan Tradisional Layangan
ubudbybike.blogspot.com
Mungkin permainan anak-anak Indonesia ini sebenarnya tidak hanya dimainkan oleh anak kecil saja, melainkan orang dewasa juga banyak yang memainkan permainan ini.

Hanya saja orang dewasa bermain hanya ketika mengikuti sebuah ajang keindahan layang-layang, bukan untuk permainan sehari-hari.

Bermain layang-layang sendiri tak kalah menyenangkannya dengan bermain petak umpet. Untuk bisa bermain layang-layang, biasanya anak akan membuat sendiri layang-layang dari selembar kertas khusus dan rangka layangan yang terbuat dari bambu yang sudah di bentuk ketupat.

Setelah layangan jadi kemudian rangka layang-layang dikaitkan dengan benang, dimana benang ini berfungsi untuk menerbangkan layang-layang.Agar layang-layang tidak lepas saat di terbangkan, maka pada ujung benang di beri tempat untuk menarik ulur benang.

Agar layangan bisa terbang tinggi diharuskan ada angin yang cukup kencang, dan akan lebih asik lagi jika di mainkan bersama-sama di lapangan luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar