Senin, 03 April 2017

pengertian gmail dan fungsinya untuk pengguna

pengertian gmail dan fungsinya untuk pengguna

pengertian singkat tentang email

kanglukman.org - pengertian gmail dan fungsinya untuk pengguna - sebelum menjelaskan pengertian gmail , penulis ingin memaparkan sedikit informasi tentang apa email itu sendiri. email adalah kepanjaangan dari electronic mail yang jika di terjemahkan kedalam bahasa indonesia surat elektronik. surat elektronik atau email banyak di gunakan penggunanya untuk berkirim surat via online, artinya kita tidak membutuhkan file secara utuh tetapi cukup dengan softcopy nya. email banyak di manfaatkan orang - orang sekarang untuk berbagai hal seperti menyampaikan informasi , mengirim tugas , mengirim foto , mengirim dokumen dan lainnya.

pengertian gmail dan sejarahnya
gmail adalah kepanjangan dari google mail. gmail adalah penyedia layanan email gratis berbasis web yang di sedikan oleh google , pada saat ini anda mendapatkan kapasitas dengan besar 15 GB untuk menerima email. hampir sama fungsinya dnegan penyedia email lainnya , gmail banyak di gunakan untuk keperluan pengiriman dokumen , menyampaikan informasi , mengirim foto ,mengirim vidio dan lain sebagainya.

banyak pengguna jagat raya puas menggunakan gmail sebagai layanan email gratis karena didalam gmail banyak sekali fitur - fitur pendukung yang bermanfaat bagi pengguna seperti :
pengertian microsoft word dan fungsinya untuk pengguna
Images source : creategmail
perlindungan dari spam
bayangkan saja pada saat ini banyak sekali spam - span yang tidak jelas yang tiba - tiba masuk ke email kita , sukur - sukur jika spam tersebut bukan virus yang sangat membahayakan komputer/laptop kita. tetapi tenang saja , di gmail fitur anti spam sudah tersedia , jika ada pesan masuk di gmail anda maka akan secara otomatis terselekasi ke folder spam.

kemudahan mencari email yang anda butuhkan
fitur gmail yang selanjutnya tidak kalah menarik adalah kemudahan dalam mencari pesan email yang telah tenggelam atau tertimpa, gmail menyediakan kotak search (kolom pencarian) untuk mencari email - email dari teman atau kolega anda secara otomatis , anda cukup menulis nama pengirim di kotak tersebut dan buzz!!! semuanya muncul. fitur ini sangat mempermudah pekerjaan karena jika di lakukan secara manual akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada dengan otomatis dengan kolom search.

fasilitas chatting yang terintegarsi
google mail memang keren di bandingkan dengan layanan email gratis yang lainnya. tidak cukup dengan fitur yang satu , gmail menambahkan fitur yang keren lainnya yakni layanan chatting untuksesama pengguna akun gmail. anda dapat chatting secara langsung ke teman anda melalui gmail dengan mudah dan sangat efesien.

kemudahan akses akun gmail
jika anda berfikir hanya dapat mengakses akun gmail dari PC anda, maka mulai saat ini ubahlah sudut pandang berpikir anda tersebut, karena gmail bisa di buka di PC maupun ponsel pintar anda. anda tinggal mengunduh aplikasi gmail di playstore atau anda langsung dapat logi dari browser di ponsel anda. jadi anda dapat menggunakan akun gmail anda dimanapun dan kapanpun.

kapasitas penyimpanan yang besar
bayangkan saja hanya untuk menerima dan mengirim email anda di bekali dengan kapasitas 15 GB , iya 15 GB. bayangkan dengan kapasitas sebesar itu butuh berapa waktu untuk menghabiskannya jika anda terus menerus mengirim dokumen yang besar rata - ratanya hitunglah 500 kb - 1 MB.

iklan yang minim
biasanya dimanapun kalau ada iklan di website atau email berbasis web cukup mengganggu dan tidak enak di pandang mata. namun berbeda dengan gmail, memang ada beberapa iklan di sana, namu penempatannya di jamin tidak membuat mata terganggu dan iklannya snagat sedikit. jadi jika anda ingin menggunakan gmail jangan takut jika ada iklan yang menganggu.

gratis.
ini adalah point terakhir yang akan saya lengkapi dari semua point - point diatas bahwa yang membuat layananini di gemari dan paling banyak di gunakan di seluruh dunia karena layanan ini tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis. bisa di bayangkan dengan fitur - fitur super keren diatas anda dapat menggunakannya semuanya secara gratis.

Sejarah singkat gmail
gmail adalah layanan gratis email yang dimiliki oleh perusahaan raksasa google. para pengguna dapat mengakses gmail dalam bentuk web. pada awalnya jika anda ingin membuat akun gmail anda harus mendapat undangan dari pengguna yang sudah memiliki akun gmail. perluncuran pertama gmail pada 1 april 2004 dan tersedia untuk masyarakat umum pada 7 febuari 2007. pada tahun 2009 bersama dengan produk google apps lainnya gmail di rilis versi fullnya bukan versi beta lagi.

pada awalnya gmail menyedikan ruang penyimpanan untuk penggunanya sebesar 1 GB/user. untuk meningkatkan user dan menyaingi pesaingnya gmail membuat sebuah terobosan dengan menyediakan pesan pribadi termasuk lampiran sebesar 25MB yang ini lebih besar daripada pesaingnya yang lain. pada tahun 2012 gmail adalah layanan email gratis berbasis web terbesar di dunia dengan pengguna mencapai 425 juta juga aktif.

setelah kita mengetahui pengertian dari gmail dan mengetahui fiur - fitur yang bermanfaat untuk kita, kali ini saya juga akan sedikit mengulas tentang kelebihan dan kekurangan dari gmail ini, berikut adalah kelebihan dan kekurangan gmail yang dapat saya ulas :

kelebihan gmail
  1. tersedia aplikasi chatting yang mempermudah user untuk menghubungi orang - orang terdekatnya.
  2. ruang penyimpanan yang lebih besar daripada pesaingnya.
  3. bisa untuk login berbagai akun seperti youtube , blogger dan lain sebagainya yang dikelola oleh google.
  4. tidak adanya iklan yang mengganggu user dalam pengaplikasikannya.
  5. user friendly dan interface yang bagus.
  6. bebas dari email sampah yang memenuhi email yang tidak di perlukan.
  7. bebas virus karena sebelum file di terima kita, file tersebut akan di scan terlebih dahulu.
  8. akses sangat mudah, bisa menggunakan ponsel pintar dan PC.



kekurangan gmail
  1. tema yang kurang bervariasi.
  2. tidak ada menu drag and drop sehingga user harus melakukannya secara manual.
  3. kadang email spam masih lolos dari seleksi.


pencarian terkait :

  • pengertian gmail
  • pengertian gmail dan fungsinya
  • pengertian gmail dan email
  • pengertian gmail adalah
  • pengertian gmail menurut buku
  • pengertian tentang email
  • apa pengertian gmail
  • pengertian akun gmail
  • pengertian aplikasi gmail
  • pengertian dari gmail
  • arti gmail dan email
  • definisi dari gmail
  • pengertian subjek dalam email
  • pengertian cc dalam gmail
  • pengertian spam dalam email
  • jelaskan pengertian email
  • pengertian dan kegunaan gmail
  • pengertian dan cara membuat gmail
  • pengertian subject pada gmail
  • pengertian draft pada gmail
  • pengertian starred pada gmail
  • pengertian menu pada gmail
  • pengertian kotak masuk pada gmail
  • sejarah dan pengertian email

Tidak ada komentar:

Posting Komentar