Jumat, 28 April 2017

Makanan khas Indonesia ada banyak beranekaragamnya, Indonesia memiliki banyak provinsi dan tiap-tiap provinsi memiliki khas makanan daerah masing-masing, mungkin dalam satu provinsi ada puluhan ratusan makanan khasnya. Namun, dari banyaknya makanan khas tersebut tentu hanya beberapa saja yang terkenal atau mungkin saat populer hingga Nasional bahkan Internasional. Dan inilah daftar makanan khas Indonesia dari beberapa daerah tersebut :

1. Mie Aceh

via purqanlangsa.wordpress.com
via purqanlangsa.wordpress.com
Mie Aceh adalah masakan mie pedas khas Aceh di Indonesia. Bahan utama dari mie Aceh ini dari mie kuning atau mie telor dengan irisan daging sapi atau daging kambing, bisa juga dengan makanan laut seperti udang, cumi, atau kepiting. Dan disajikan dalam sup kari yang gurih dan pedas. Mie aceh tersedia dalam tiga jenis : mie Aceh goreng atau kering, mie Aceh setengah basah, dan mie aceh kuah atau sup. Biasanya juga ditaburi oleh bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimum, dan jeruk nipis.

2. Sie Itek

via atjehpusaka.blogspot.com
via atjehpusaka.blogspot.com
Di antara Tanah Rencong, hampir semua Keude Bu atau kedai nasi menyediakan masakan yang disebut dengan Sie Itek. Secara harafiah, sie itek berarti kuah bebek. Sama seperti Sie Kemeng yang berarti kuah kambing. Tetapi, hampir dapat di pastikan bahwa sie itek maupun sie kemeng adalah masakan berkuah dengan sup berasa kari. Namun yang membuat beda adalah dari karinya yang kental, ada pula dengan kuah yang encer. Bila kamu tidak suka dengan bebek, bisa di ganti dengan ayam. Tapi kalo gunakan ayam di sebut dengan Sie Manok (kuah ayam).

3. Karee Kameng

via www.vemale.com
via www.vemale.com
Makanan ini juga merupakan sajian yang paling favorit oleh warga Aceh. Karee kameng alias kari kambing adalah lauk yang hampir selalu ada disetiap di kedai nasi maupun di berbagai perhelatan. Dibanyak keude bu (kedai nasi), kari ini terpampang didepan kedai dalam kuali atau wajan besar yang selalu dipanaskan. masakan yang satu ini juga mendapatkan reputasi khusus berhubung banyaknya isu yang menyebut bahwa salah satu bumbu dari makanan ini ada yang membuat setiap orang menjadi sakauw alias ketagihan adalah ganja.

4. Keumamah Ikan kayu

via infokuliner.com
via infokuliner.com
Bicara soal kuliner di Aceh, yang segera terlintas di benak kita adalah cita rasa yang pedas dan lemak atau yang bersantan. Karenanya, keumamah merupakan cermin yang sangat tepat untuk menampilkan kuliner Aceh. Bedanya, lemak dalam keumamah bukan berasal dari santan, tapi dari minyak kelapa yang digunakan untuk memasaknya.

Keumamah Ikan kayu khas Aceh di kenal juga dengan nama Gulaie Keumamah atau lebih populer di sebut Eungkot Kayee. Pada dasarnya, Keumamah Ikan kayu khas Aceh adalah daging ikan tongkol yang di rebus, kemudian di keringkan dengan cara diasap, karena ikan kering menjadi keras seperti kayu. Maka di sebut juga sebagai ikan kayu ( engkot kayee ). Orang Jepang juga mengenal ikan kering seperti ini, di sebut katsubushi.biasanya di serut halus sebagai penyedap rasa berbagai kuah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar