Jumat, 28 April 2017

5. Gulai Kepala Ikan

via infokuliner.com
via infokuliner.com
Kepala ikan memang sulit untuk di makan. Namun, kepala ikan ini sungguh lezat untuk di jadikan santapan. Agar semua bumbu terserap ke relung-relung yang paling dalam dari lekuk dan celah kepala ikan, maka kuah Gulai Kepala Ikan Kakap memang merupakan solusi yang paling harus untuk anda icip makanan satu ini.

6. Ayam Tangkap

via orenjieculinary.com
via orenjieculinary.com
Ayam tangkap adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Makanan ini sebenarnya adalah bukanlah masakan tradisional dengan resep leluhur. Tapi, masakan ini adalh merupakan sebuah kreasi baru yang kemudian menjadi sangat populer dan ikonik. Hampir semua rumah makan menyajikan masakan aceh ini dan memasukkan makanan ini dalam nemu makanan mereka.

7. Nasi Gurih

via indonesiawow.com
via indonesiawow.com
Setiap kota di Indonesia pasti mempunyai menu andalan daerah masing-masing untuk sarapan. di banda aceh sendiri, pilihan sarapan khas setempat adalah nasi gurih,nasi kuning, atau dengan pegel sayur.
Nasi gurih memiliki cita rasa yang berbeda dengan nasi yang dinanak seperti umumnya. Selain bahan pelengkap yang khas dengan daerah Aceh. Nasi gurih dimasak dengan tambahan bumbu dan rempah yang khas sehingga mengeuarkan aroma yang berbeda.

8. Soto Medan

soto medan
Soto Medan makanan khas dari Sumatera Utara via klikhotel.com
Soto Medan mempunyai soto yang cukup kental dikarenakan dimasak dengan kuah santan yang sekali perasan. Disajikan dengan perkedel kentang dan kaya dengan rempah dan rempah, ada bumbu jintan untuk penyebap selera dan dilengkapi dengan emping,kentang, telur, tomat,dan bawang merah. dan soto medan juga memiliki dua pilihan yaitu soto daging atau soto ayam. Dan beberapa pula ada yang menambahkan dengan tauge dan bihun sebagai pelengkapnya.

9. Kwetiau Kerang

via makanmana.net
Kwetiau Kerang makanan khas dari Sumatera Utara via makanmana.net
Kwetiau sendiri adalah produk beras yang berbentuk mie lebar, seperti tagliatelleatau fettucine. Disamping bihun, kwetiau adalah salah satu jenis makanan yang saat terkenal di Indonesia. Mungkin karena dibuat dari beras, maka kwetiau lebih bersahabat dengan perut kita. Kwetiau disajikan seperti mie goreng, dengan irisan bakso, irisan hekeng atau lumpia udang, sedikit sayur, dan daging atau udang/ikan.

10. Bihun Kari

via infokuliner.com
Bihun Kari makanan khas Sumatera Utara via infokuliner.com
Bihun Kari adalah sajian yang unik. Kuliner budaya Arab dan Tionghoa sekaligus menyatu dalan sajian yang termasuk comford food ini. Kuah karinya kental karena penggunaan santan pekat, tetapi bumbunya sudah lebih menonjolkan karakter kuliner peranakan Tionghoa. Gurih dengan hint manis beraroma Ebi.

11. Gurame Kencong

via intisari-online.com
Gurame goreng makanan khas dari Sumatera Utara via intisari-online.com
Masakan ini merupakan gurame goreng utuh yang disiram dengan saus asam-pedas dari rajangan halus cabai rawit, putik bunga kincung atau kencong (kecombrang, honje), dan bawang merah.

12. Gulai Ikan Salai

via infokuliner.com
Gulai Ikan Salai makanan khas dari Sumatera Utara via infokuliner.com

Saat kamu ke Medan kamu, kamu akan bertemu dengan beberapa papan rumah makan dengan tulisan “Madina”. Tapi ini bukan masakan yang berasal dari Arab Saudi. Madina adalah sebuat umum untuk menyebut daerah Mandailing dan Natal di daerah Tapanuli Selatan. Masakan Madina memang sangat khas dengan berpaduan Minang,Melayu, Dan Batak. Salah satu Khas makanan Madina adalah gulai pedas ikan salai atau ikan asap. Ikan salai atu ikan asap yang digunakan adalah ikan limbat, yang didatangkan khusus dari d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar